Tips Menghemat Kuota Data Internet Saat Menulis Artikel Blog
Tips Menghemat Kuota Internet Saat Menulis Artikel Blog - Blogging atau Nge-blog adalah salah satu aktifitas online yang tentunya harus tersambung ke internet untuk bisa mengerjakannya. Dan tentunya ngeblog tidak bisa dipisahkan dari kegiatan menulis artikel, karena memang itulah pekerjaan utama seorang blogger, menulis artikel update di blog nya, kecuali jika Anda seorang blogger copas..:D Tahukah Anda bahwa kegiatan menulis artikel d blog ini tanpa disadari cukup menguras kuota data yang kita punya.
Dan di artikel ini saya ingin berbagi sedikit tips yang bisa sobat coba agar bisa sedikitnya menghemat pemakaian kuota data Internet yang kita punya. Tentunya tips ini ditujukan kepada sobat yang menggunakan jasa provider, baik GSM atau CDMA untuk bisa terhubung ke Internet. Yang mana saya rasa kadang kuota yang diberikan itu kurang / atau sudah habis duluan sebelum masa berlakunya habis.
Berikut adalah sedikit tipsnya.
1. Membuat artikel Secara Offline.
Yakni dengan tetlebih dahulu menyiapkan artikel yang bisa kita tulis di program pengetikan seperti Microsoft Word, Open Office, dsb untuk kemudian jika sudah siap, baru dicopy ke halaman posting dan dilakukan sedikit penyesuaian sebelum akhirnya dipublish ke internet.
Tentunya dengan cara ini akan bisa lebih menghemat kuota, karena praktis kuota data yang digunakan hanya ketika kita membuka halaman posting dan ketika mempublish. Artikelnya kan sudah kita buat secara offline sebelumnya.
Akan tetapi ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika kita proses copy artikel di atas. Yaitu jangan secara langsung mengcopy tulisan dari aplikasi seperti Microsoft Word ke lembar halaman posting blog. Bila langsung dicopy biasanya tampilan akhirnya ketika sudah dupublish akan sedikit ada error, karena ada kode-kode pengaturan huruf di Microsoft Word terbawa yang berbeda dengan pengaturan di Blogger. Contoh kasus error yang saya alami yaitu tidak akan munculnya "Summary Post" di tampilan preview artikel di template yang saya gunakan.
.
Solusinya adalah :
- a). Sebelum dicopy ke halam posting blogger, copy lah terlebih dahulu teks artikel kita ke notepad. Barulah dari notepad iti kita copy ke lembar posting blog kita.
- b). Bisa copy langsung dari Ms. Word ke Blog, tapi ketika paste jangan di Mode Compose, tapi di mode HTML. Jadi pilih dulu mode HTML pada halam posting, barulah paste di situ. Jika sudah kembalikan lagi ke mode Compose.
2. Membuat Mode Offline pada Browser
Tips kedua untuk menghemat kuota data saat menulis artikel di blog adalah dengan mengaktifkan Mode offline pada browser ketika kita menulis di halaman posting. Cara ini juga cukup ampuh untuk menghemat kuota. Jika kita perhatikan, saat kita menulis artikel secara online di halaman posting (terhubung internet), sebenarnya mesin Blogget sendiri melakukan autosaving (menyimpan otomatis) tulisan yang kita tulis. Minimal setiap 2-3 menit sekali. Dan proses autosaving tersebut juga cukul memakan kuota. Bayangkan jika artikel yang kita tulis panjang, dan mesin blogger terus menerus melakukan autosaving, berapa banyak kuota yang tersedot. Cara mengatasinya adalah dengan mengaktifkan mode offline di browser ketika kita menulis di halaman posting. Sehingga mesin blogger juga tidak akan melakukan autosaving pada artikel yang kita tulis.
Namun jika artikel yang sobat tulis itu cukup panjang, untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan, sobat bisa sesekali (di tengah-tengah saat menulis artikel) meng-online kan kembali browser untuk sekedar tujuan agar kita bisa menyimpan tulisan yang telah ditulis atau dengan membiarkan mesin blogger yang melakukan autosaving. Untuk kemudian sobat buat mode offline kembali browsernya.
Adapun cara mengaktifkan Mode Offline adalah sebagai berikut : (pada Browser Mozila)
- Tampilkan menu dropdown Mozilla dengan menekan tombol Alt pada keyboard
- Pilih menu file dan klik "Work Offline
3. Memutus Koneksi Internet ketika Menulis di Halaman Posting
Tips yang ketiga adalah dengan memutus koneksi komputer ke Internet ketika kita sudah sampai di halaman posting. Hampir sama dengan tips 1, yakni menulis secara offline, namun bedanya kita tidak menulis di aplikasi lain seperti Ms. Word dulu untuk kita copy. Tapi di sini sobat menulis langsung di halaman posting blog yang sebelumnya telah dibuka dalam keadaan online. Untuk kemudian sobat putuskan dulu koneksi internet dari komputer atau device yang dipakai.
Itulah sedikitnya tips menghemat kuota data Internet pada saat menulis artikel di blog yang sering saya lakukan. Semoga bermanfaat.
loading...
Bang Rusman makasih sebelumnya untuk pencerahannya, saya mau tanya,,,,jika sudah terjadi saya mengcopy dari word langsung ke menu compose,,,dan memang terjadi tidak muncul summary post, ada caranya atau harus manual di edit lagi dan posting ulang? makasih bang Rusman sebelumnya..
ReplyDeletewah perlu dipraktekan ini, makasih sudah posting min...
ReplyDeletesolder uap