5 Tips Ampuh Meningkatkan Trafik dan Kualitas Blog Anda
Halo sobat pembaca dan pengunjung setia blog indravedia.com. Di awal bulan Agustus ini, alhamdulillah akhirnya saya bisa menulis postingan lagi, kemarin mulai agak malas-malasan update blognya ^_^.
Oke di artikel kali ini kita akan membahas cara untuk Meningkatkan Trafik dan Kualitas Blog, sehingga blog kita jadi 'disayang' oleh Google. ^_^.
Duh.. penting banget ya bisa disayang Google? Jelas penting. Disayang dalam artian blog kita mendapat perhatian lebih dari si robot Google yang bertugas merayapi dan mengindex setiap halaman blog kita. Yang mana pada akhirnya bisa mendongkrak posisi kita di halaman pencarian dan berpotensi menjaring dan mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi. Bagaimana caranya? Jelas yang harus kita lakukan adalah berusaha membuat blog kita memiliki kualitas dan trafik yang bagus.
Ini tentu erat kaitannya dengan SEO (Search Engine Optimization), yakni suatu rangkaian upaya untuk mengoptimalkan blog kita untuk supaya bisa lebih diperhatikan oleh mesin pencari. Lebih lengkapnya pengertian tentang SEO bisa sobat baca di sini. Dan di artikel ini pun saya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang hal itu, melainkan apa yang ingin coba saya sampaikan adalah prinsip-prinsip dasar agar blog kita disayang Google.
Hal ini telah saya pelajari dari Pak Yodhia Antariksa, empunya blog strategimanajemen.net. Sebuah blog legendaris yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Bahkan sempat dinobatkan sebagai blog bisnis nomor 1 se Indonesia. Kontennya begitu sarat akan pelajaran berharga, sehingga tidak heran setiap artikel yang diposting selalu mendapat serbuan komentar dan share bejibun dari para pengunjung.
Jadi rasanya tidak berlebihan jika saya menjadikan apa yang telah diterapkan pak Yodhia di blognya sebagai dasar / kiblat untuk membuat blog kita supaya memiliki trafik yang bagus dan tentunya disayang oleh mesin pencari, khususnya Google.
Oke, apa saja yang harus sobat terapkan pada blog sobat agar blognya lebih berkualitas dan disayang oleh Google. Berikut uraiannya.:
1. Template yang bersih dengan latar warna putih
Coba sobat cek dan lihat tampilan halaman awal Google dan juga halaman pencarian (SERP). Kita bisa lihat tampilannya begitu bersih / full of white background. Tidak ada warna-warni penghias di sekeliling halamannya. Nah, seperti itu pula lah yang diinginkan Google terhadap blog kita. Buatlah tampilan blog kita sederhana dan elegan jika dilihat, make it simple. Selain membuatnya menjadi bersih dan menjadikan visitor lebih fokus ke konten, juga akan meningkatkan kecepatan loading dari blog tersebut. Sehingga pengunjung akan lebih nyaman mengunjungi blog kita.Baca : Cara Gampang Mengganti Template Blog Blogger
Jadi pilihlah template blog yang bersih dan sederhana dengan latar putih. Sekalipun harus ada warna pendukung variasi tampilan, pilihlah yang hanya memuat satu warna. Misal warna biru, hanya pada bagian menu bar. Silahkan coba sobat cek blog strategimanajemen.net, templatenya begitu bersih dan enak dipandang. Atau tak usah jauh-jauh lah, lihat saja blog ini.. hihi ^_^
2. Artikel panjang dan detail lebih disukai Google
Dulu banyak orang beranggapan bahwa dengan artikel panjang, akan membuat pengunjung blog menjadi bosan dan lebih cepat meninggalkan sebuah halaman website. Namun di era informasi seperti sekarang ini, justru semua seperti berbalik. Sekarang orang-orang lebih suka membaca artikel yang panjang dan detail untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Mereka rela berlama-lama membaca artikel yang disajikan. Dengan semakin berkembangnya algoritma Google sekarang artikel panjang dengan minimal 2000 kata akan lebih diprioritaskan dan berpeluang besar menempati halaman pertama SERP. Google menyukai artikel berkualitas, yakni yang panjang dan mendetail.Selain jumlah kata yang panjang minimal 2000 kata, juga akan lebih ciamik jika ditambahkan dengan satu gambar dan satu video pendukung untuk memperkuat kesan detail. Sehingga dengan begitu niscaya artikel yang diterbitkan dapat dengan mudah bersaing di halaman perncarian Google.
3. Konten yang Extremely Usefull
Ada istilah yang sampai sekarang masih berlaku "Content is the king", dan itu memang benar adanya. Dalam dunia blogging, konten adalah hal yang harusnya jadi perhatian utama. Banyak blogger pemula (termasuk saya) yang pada awal-awal ngeblog selalu salah fokus. Yakni lebih mementingkan tampilan blog ketimbang kontennya. Ingin sekali memiliki blog yang mentereng dengan hiasan warna warni, sehingga waktu habis cuma untuk sekadar milih-milih template yang cocok dan mengeditnya hingga berjam-jam. Hal yang paling penting yaitu membuat konten malah dilupakan. Ketahuilah pada akhirnya sebuah blog akan disebut bagus, tidak lebih karena kontennya yang bermanfaat, bukan tampilannya yang mewah dan penuh kerlap-kerlip.Dengan menyajikan konten yang bermanfaat tentunya akan menimbulkan kesan khusus di pembaca, yang membuat mereka dengan rela hati kembali dan kembali lagi mengunjungi blog kita nantinya.
4. Jadwal posting yang teratur
Sebuah blog dikatakan bagus atau tidak pada akhirnya hanya akan mengacu pada konten yang disajikan. Selain kontennya harus bagus, juga harus didukung oleh frekuensi update blog yang teratur. Artinya kita membuat jadwal untuk kita mempublikasikan sebuah postingan artikel. Tentunya ini disesuaikan dengan kondisi yang kita punya. Misal kita tetapkan jadwal update blog sebulan 4 kali, itu artinya dalam satu minggu kita harus terbitkan minimal 1 artikel. Atau jika ingin lebih banyak bisa seminggu 2 kali atau bahkan mungkin setiap hari jika mampu.Seperti yang dilakukan oleh pak Yodhia di blognya, beliau menerapkan jadwal posting 2 kali seminggu, disebutkan lenkap hari dan waktunya, yaitu tiap hari Senin dan Kamis pagi. Dan hal itu disampaikan di sidebar blognya.
Dengan cara seperti itu, pak Yodhia mendapat beberapa keuntungan. Pengunjung menjadi aware dan tahu jadwal update blognya sehingga besar kemungkinan akan kembali lagi pada hari dan jadwal posting yang sudah ditentukan, didukung dengan artikel yang bermanfaat pastinya. Selain itu, dengan menuliskan jadwal update blog di sidebar juga bisa dijadikan motivasi untuk kita sebagai admin blog untuk konsisten dan menepati janji untuk menerbitkan artikel pada hari dan jam yang telah dijadwalkan. Akan malu rasanya jika tidak ada posting baru padahal sudah ditulis jadwalnya.
5. Form Langganan Email untuk menjaring Subscribe pengunjung
Disebut juga dengan istilah Opt in Form, yakni sebuah form isian nama dan email yang biasanya akan muncul dengan sebelumnya diselingi penawaran produk gratis, seperti ebook. Untuk selanjutnya, ini disebut list building / membangun list email pengunjung. Ini adalah cara elegan untuk mendapatkan database pengunjung. Prinsipnya win-win solution, pengunjung mendapat produk gratis yang ditawarkan dan si empunya blog mendapat list pengunjung. Ini juga strategi yang diterapkan oleh pak Yodhia dalam membangun trafik di blognya. Hampir setengah dari jumlah trafik blog yang diterimanya bersumber dari list email yang dipunyanya.Oh iya, baru-baru ini juga Pak Yodhia Antariksa membuka program Kursus Online bernama Edubisnis.net yang menyediakan layanan kursus online terbaik dan terlengkap di Indonesia dalam bidang manajemen bisnis dan internet marketing. Informasi lebih lanjut, silakan klik DI SINI.ya ^_^ Salam
0 Response to "5 Tips Ampuh Meningkatkan Trafik dan Kualitas Blog Anda"
Post a Comment
Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan.